Senin, 14 November 2016

HAMPIR PUNAHNYA IKAN PARI MANTA


                           ⇛ KEPUNAHAN IKAN PARI MANTA⇚                                                                 

Ikan pari manta adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai hampir 7 meter (kemungkinan lebih karena ada laporan yang mengatakan bahwa ada manta yang lebar tubuhnya mencapai 9,1 meter). Bobot terberat manta sendiri yang pernah diukur mencapai 3 ton.
      
  Menurut pemerintah,perlindungan kriteria ikan jenis tertentu diatur dalam PP No. 60/2007 tentang Konservasi Sumber Daya Ikan. Tetapi,masih banyak yang melanggar peraturan ini. Masyarakat,yang melanggar aturan ini berasal di  daerah barat. Menurut penyelidikan,ikan pari manta ini di ekspor ke China.Dan diterima oleh para pedagang di wilayah Guangzhou, China Selatan. Masyarakat di daerah barat mencari nafkah dengan cara mengekspoitasikan hewan ini.
     
  Namun,percaya atau tidak percaya menurut masyarakat China  bahwa  bahwa insang pari manta adalah bahan untuk obat-obatan berkhasiat salah satunya untuk mengurangi penyakit jantung.Beratus-ratus insang yang telah diambil dan badannya yang dibuang begitu saja di lautan,ini dapat mengancam resiko kepunahan, Ikan pari manta dapat melahirkan sekitar 9-12 bulan.Jika,ikan tersebut dibunuh 1 bulan 1 ekor dapatkah ia melestarikan keturunannya?tentu saja tidak.
         Banyak juga pedagang-pedangang illegal yang menjual insang pari manta ini yang tidak memikirkan masa depan generasinya yang seharusnya melihat salah satu biota laut tersebut. 
   " Pada intinya kalian harus menjaga biota maupun abiota yang ada di alam untuk keseimbangan ekosistem yang ada."

Kalian juga dapat menyaksikan langsung pemburuan hewan pari manta di website ini
 http://lk21.tv/racing-extinction-2015/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar